16 Tips Menghindari Razia Kendaraan

Menghindari Razia Kendaraan
Menghindari Razia Kendaraan

16 Tips and Trick Menghindari Razia kendaraan Agar Tidak Kena Tilang – Apa boleh di buat terkadang masih ada saja banyak hal yang membuat kita sebagai penggendara kendaraan bermotor malas untuk terkena tilang. Padahal sudah jelas kita sendiri yang melakukan kesalahan tata tertib berlalu lintas. Salah satu yang sering kita hindarai adalah razia kendaraan di jalan raya.

Bagi penggendara yang tidak memiliki surat-surat kendaraan jelas razia menjadi salah satu momok yang paling tidak di sukai saat di jalan. Meskipun sudah di ketahui ada banyak sekali manfaat adanya razia kendaraan di jalan untuk memberikan sanksi kepada pengguna kendaraan bermotor yang nakal. Baik bagi penggendara bermotor yang tidak memiliki surat-surat yang lengkap sampai dengan melanggar lalu lintas lainnya

Sebenarnya Razia Kendaraan di jalan juga bertujuan untuk mencari pelaku tindak pidana kriminal yang menjadi buronan atau melarikan diri dengan status belum tertangkap. Kesalahan sepele bisa menjadi bumerang bila sikap tidak tidak kooperatif. Maka dari itu perlu sangat berhati-hati dalam melakukan tindakan. Bukan tidak mungkin kesalah kecil yang anda lakukan dalam berlalu lintas hanya akan mendapatkan teguran saja.

Maka dari itu lebih baik bersikap lebih kooperatif saja sehingga semuanya mudah. Selain itu untuk anda yang jika sudah saatnya untuk membuat SIM maka segeralah melakukan pembuatan. Selain itu selalu periksa masa berlaku SIM, jika di rasa sudah saatnya melakukan perpanjangan maka lakukanlah dengan segera. Berikut adalah beberapa tips sederhana dari kami.

Menghindari Razia Kendaraan

1. Lengkapi Surat Kendaraan

Surat Surat Kendaraan

Sebelum berkendara, pastikan surat-surat selalu dibawa. Cek kembali Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), pastikan surat-surat itu dibawa dan dalam keadaan aktif.

Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 288 ayat 1 menyebutkan setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang tidak dilengkapi dengan STNK terancam pidana paling lama dua bulan dan denda paling banyak Rp 500.000.

Baca juga: Syarat perpanjang pajak STNK tahunan

Kalau tidak punya SIM, sebaiknya jangan berkendara. Anak di bawah umur yang tidak memiliki SIM juga jangan sekali-sekali berkendara di jalan raya. UU No. 22 Tahun 2009 pasal 281 ayat 1 menyatakan, “Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di jalan yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi dipidana dengan pidana kurungan paling lama empat bulan atau denda paling banyak Rp 1.000.000.”

Begitu pun bagi pengendara yang tidak dapat menunjukkan SIM. Pengendara yang tidak bisa menunjukkan SIM akan terancam denda paling banyak Rp 250.000 dan/atau kurungan paling lama satu bulan.

Baca juga: Syarat perpanjang pajak STNK 5 tahunan

2. Kelengkapan Kendaraan

Tips menghindari tilang berikutnya adalah pastikan kendaraan dalam keadaan lengkap. Kaca spion, lampu utama, klakson, lampu rem, lampu penunjuk arah (sein), alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban untuk sepeda motor harus dalam keadaan baik untuk berkendara. Kalau tidak, akan dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000.

Sementara untuk mobil, pastikan kelengkapan kendaraan seperti kaca spion, klakson, lampu utama, lampu mundur, lampu tanda batas dimensi badan kendaraan, lampu gandengan, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, kedalaman alur ban, kaca depan, spakbor, bumper, penggandengan, penempelan, dan penghapus kaca (wiper) dalam keadaan baik. Kalau tidak, bisa dipidana dengan pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000. Pengendara roda empat atau lebih juga perlu memastikan perlengkapan berupa ban cadangan, segitiga pengaman, dongkrak, pembuka roda, dan peralatan pertolongan pertama pada kecelakaan selalu dibawa.

3. Gunakan Plat Nomor dengan benar

Menggunakan plat nomor palsu untuk lolos Ganjil Genap

Pastikan juga pelat nomor terpasang dengan baik di tempat yang mudah dilihat. Pelat nomor yang dimodifikasi dan Pelat nomor tidak sesuai dengan STNK juga bisa ditilang. Ancamannya pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000.

4. Gunakan Helm SNI

Razia helm SNI

Untuk pengendara motor, selalu gunakan helm SNI ke mana pun Anda pergi. Pun dengan penumpang sepeda motor, harus juga mengenakan helm SNI. Bagi pengemudi sepeda motor yang tidak mengenakan helm SNI, terancam pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000. Kalau membiarkan penumpang sepeda motor tidak mengenakan helm, maka pengemudi sepeda motor itu akan ditilang dengan sanksi pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250.000.

5. Selalu pakai sabuk pengaman

Pengecekan Sabuk Pengaman

Untuk pengemudi mobil, pastikan selalu gunakan sabuk pengaman ke mana pun Anda pergi. Penumpang mobil pun harus menggunakan sabuk pengaman.

6. Wajib Menghidupkan lampu utama

Tilang Lampu Utama Kendaraan

Pengemudi sepeda motor, jangan lupa selalu menyalakan lampu utama sepanjang hari, termasuk siang hari. Risiko tidak menyalakan lampu utama pada sepeda motor adalah pidana kurungan paling lama 15 hari atau denda paling banyak Rp 100.000.

7. Jangan bonceng tiga

Tilang bonceng tiga

Pemotor juga tidak boleh membonceng penumpang lebih dari satu orang. Kalau bonceng lebih dari satu orang, ancamannya pidana paling lama satu bulan dan denda paling banyak Rp 250.000.

8. Jangan melanggar rambu rambu lalu lintas

Rabu Rambu Lalu Lintas, Kotak Kuning

Untuk semua pengendara kalau tidak mau ditilang jangan melanggar rambu-rambu lalu lintas. Berkendaralah di jalur seharusnya. Pemotor jalan di jalur khusus motor dan mobil tidak berjalan di bahu jalan tol. Pengendara juga tidak dibenarkan melawan arus lalu lintas atau masuk jalur busway. Perhatikan rambu-rambu lalu lintas di sekitar dan patuhi rambu itu.

UU No. 22 Tahun 2009 Pasal 287 ayat 1 menyatakan, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang melanggar aturan perintah atau larangan yang dinyatakan dengan rambu lalu lintas atau marka jalan dipidana dengan pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000.

9. Tidak menerobos lampu merah

Lampu Merah

pengendara juga tidak dibenarkan menerobos lampu merah. UU No. 22 Tahun 2009 Pasal 287 ayat 2 berbunyi, “Setiap orang yang mengemudikan kendaraaan bermotor di jalan yang melanggar aturan perintah atau larangan yang dinyatakan dengan Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas dipidana dengan pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000.”

10. Berkendara melebihi batas maximum

Razia kecepatan kendaraan dengan Speed Gun

Berkendaralah dengan wajar dan aman. Jangan berkendara melebihi batas kecepatan. UU No. 22 Tahun 2009 Pasal 287 ayat 5 menyatakan pengendara yang melanggar aturan batas kecepatan paling tinggi atau paling rendah akan dipidana dengan pidana kurungan paling lama dua bilan atau denda paling banyak Rp 500.000.

11. Wajib Konsentrasi Penuh

E-tilang deteksi menggunakan HP saat berkendara

Yang juga menjadi poin penting adalah, jangan melakukan aktivitas yang mengganggu konsentrasi berkendara. Kalau tidak mau ditilang, jangan sekali-sekali bermain ponsel saat berkendara. Pengendara yang bermain ponsel atau terpengaruh alkohol melanggar UU No. 29 Tahun 2009 Pasal 283 Jo Pasal 106 ayat 1.

“Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di Jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah),” bunyi UU No. 29 Tahun 2009 Pasal 283.

12. Cek rute perjalanan

Cek rute perjalanan
Cek rute perjalanan

Jika terpaksa ada beberapa yang mengganjal seperti surat kelengkapan kendaraan maka anda bisa menggunakan jalan tikus untuk menghindari razia kendaraan. Namun biasanya Polisi juga lebih pintar dengan menggunakan jalan yang sulit untuk di cari jalan tikusnya. Bahkan beberapa kejadian razia kendaraan di lakukan di berbagai tempat yang tidak memungkinan pengguna jalan untuk melakukan putar balik.

13. Update Info jadwal Razia

Tips selanjutnya untuk terhindar dari Razia Kendaraan adalah dengan mengetahui jadwal razia kendaraan di kota anda. Ada banyak sekali informasi menggenai razia kendaraan di berbagai tempat. Seperti forum dan grup facebook, whatsapp lokal.

Jika sudah mengetahui jadwal tersebut maka anda bisa menghindarinya dan mencari tempat atau jalan lain agar tehindar dari razia kendaraan.  Atau bahkan dengan sudah tahu jadwal polisi sobat bisa melengkapi kelengkapan surat berkendara.

14. Pura-pura mogok atau ban bocor.

Pura Pura Mogok

Tatkala kamu melihat sekelompok orang berseragam hijau berkumpul dan menghentikan kendaraan-kendaraan yang lewat di depannya, kamu seharusnya sudah sadar perlu memelankan laju motormu dan menghentikannya.

Pakailah aksi mendorong motor seperti orang yang mengalami mogok pada motornya. Kalau masih kurang puas dan ingin lebih meyakinkan kamu kempesin aja banmu. Pompa lagi paling 2 ribu. Daripada kena tilang, mahal bos!

15. Gunakan Transportasi Umum

Stasiun Tangerang

Menggunakan Transportasi Umum merupakan Tips terbaik agar terhindar dari razia, selain menimimalisir lelah di perjalanan karna kemacetan tentunya menggunakan transportasi umum merupakan moda transportasi yang murah.

16. Urungkan Perjalanan

Langkah berikutnya terbilang cukup simple yakni hanya dengan membatalkan perjalanan saja. Di saat sudah tidak ada pilihan lain sobat hanya tinggal mengurungkan perjalanan atau nekad menerobos razia kendaraan dengan harapan tidak di periksa. Namun jangan sampai menerobos dalam hal yang tidak benar yang nantinya malah akan membahayakan sobat.

Anda tidak ingin ditilang, kan? Ayo taati peraturan lalu lintas. Lakukan semua hal di atas kapan pun dan di mana pun, bukan hanya saat digelar razia saja. Tindakan di atas selain terhindar dari tilang juga menjaga kita tetap aman, nyaman, selamat, tertib, dan lancar dalam berkendara.

Apakah ada jasa ambil tilang di Biro Jasa Sinar Dunia?

Biro Jasa Sinar Dunia
Biro Jasa Sinar Dunia

Kami dari Biro Jasa Sinar Dunia memberikan solusi bagi anda yang tidak sempat mengurus perpanjang STNK. dengan harga jasa mulai dari 25rb anda tinggal mengirim surat surat ke kami dan kami akan segera memprosesnya.

Bagi anda yang males mengurus tilang dan tidak memiliki waktu, kami menyediakan jasa ambil tilang untuk area Jabodetabek, Hubungi kami untuk Konsultasi dan cek estimasi prosesnya.

Biro Jasa Sinar Dunia sudah Legal serta berpengalaman lebih dari 20Tahun di bidang Pajak. Dengan memberikan pelayanan yang Praktis, Cepat, Aman, Tarif yang sangat terjangkau, Serta Jaminan keaslian surat-surat (Anda dapat mengeceknya dengan Lampu UV/Alat cek Uang palsu untuk mengecek keaslian surat).

Referensi 1

Refensi 2

Tags:

Leave a Comment

error: Maaf, Anda tidak diizinkan menyalin artikel ini.